Kamis, 04 November 2010

Mengubah Virtual Memory

Halaman file adalah satu atau banyak area dari sebuah harddisk yang telah dipatok oleh Windows XP sebagai [Virtual memory]. Untuk memasukkanya sangat sederhana. Logikanya, seperti memesan sebuah area untuk digunakan mengisi data pada main memory.

    
     [Virtual memory] dapat diakses dengan Windows, seperti Physical Memory, tetapi itupun masih terlalu lambat. Keduanya (virtual dan physical memory) lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan RAM (Random Access Memory).

    Sebenarnya, Windows XP menggunakan halaman file secara berkelanjutan dengan mengabaikan jumlah free memory di system anda. Dengan kata lain, ketika anda mengoptimalkan file ini, akan memberikan efek positif pada performa (kecepatan) komputer.
   
    Langkah-langkah mengoptimalkan page file [Virtual memory] sebagai berikut:

 1. Klik kanan [My Computer], kemudian pilih [Properties].

 2. Pilih tab [Advance], klik [Setting] pada bagian [Performance].

 3. Pada opsional[Performance Options], pilih tab [Advanced]. Kemudian, klik [Change] pada bagian [Virtual   memory].

 4. Selanjutnya, Anda bisa memilih dan mengatur ukuran (size) [Page File] pada drive sesuai dengan keinginan.



5. Restart komputer.


     Ukuran standart (default) page file (virtual memory) diatur dengan memperhatikan starting size dan maximum size. Untuk mengubah size page file sebagai system demand dalam rentang nilai tersebut masih diperbolehkan oleh Windows. Langkah mengubah ukuran [Virtual memory] sebagai berikut: 
1. Pilih dan centangi [Custom Size]. [Inisial Size] diatur dan disesuaikan dengan nilai yang direkomendasikan, [Recomended] yang dijumlahkan dengan angka yang sama.

2. Pada [Maximum Size], nilai yang dimasukkan sesuai dengan keinginan Anda. Jika ingin memakai default-nya, Anda tidak perlu mengubahnya.



3. Jika Anda ingin mengatur sendiri [Maximum Size], masukkan nilai yang lebih kecil dari nilai [Spce Availabe].

4. Atau nilai [Maximum Size] yang Anda masukkan adalah maksimal tiga kali lipat dari ukuran RAM computer. Apabila nilai [Maximum Size] lebih besar dari nilai RAM, akan menyebabkan berkurangnya kinerja (performa)  computer karena memaksa RAM bekerja lebih ekstra. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, akan mengakibatkan RAM lebih cepat panas atau bahkan bisa terbakar.


Facebook Twitter Google Buzz Delicious Digg Stumbleupon
Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Reddit Mixx Technorati  
Baca Juga Artikel Lain Berikut ini:


0 komentar:

Posting Komentar